Start Planning
Hari Waisak

Hari Waisak 2019 dan 2020

Hari Waisak adalah hari libur di Indonesia yang diperingati sebagai hari kelahiran dan wafatnya sang Budha. Hari Waisak diperingati oleh 1.7 juta penduduk umat Budha di Indonesia dan bagi sebagian penduduk lainnya hari raya ini dijadikan sebagai hari libur dari aktivitas sekolah atau bekerja.

TahunTanggalHariHari Libur
201919 MeiMingguHari Waisak
20207 MeiKamisHari Waisak

Umat Budha di Indonesia menghormati Budha dan ajarannya dengan berbagai macam acara. Peringatan hari ini identik dengan hiasan bunga, warna-warna terang dan berbagai macam pemandangan yang indah.

Tepat sebelum terbitnya matahari di hari Waisak, para Umat Budha Indonesia berkumpul di sebuah kuil guna melakukan upacara penghormatan pada sang Budha dan ajarannya. Setelah upacara selesai dilaksanakan, bendera Budha akan dikibarkan. Kemudian, umat Budha Indonesia akan menyanyikan lagu rohani Budha.

Beberapa ritual yang umumnya dilakukan di hari ini adalah orang-orang membawa bunga untuk dipersembahkan di kuil dengan patung Budha di dalamnya. Bunga adalah simbol kehidupan. Seperti kehidupan, bunga itu indah namun mereka lambat laun akan layu dan mati. Sajian bunga ini berfungsi untuk mengingatkan manusia bahwa hidup itu berharga dan berlalu dengan cepat.

Salah satu tempat yang sangat popular dalam perayaan Waisak dalah Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar dan dijadikan sebagai tempat untuk merayakan festival Hari Waisak. Setiap tahun, umat Budha dari seluruh Indonesia berziarah ke Candi Borobudur. Semua orang dapat berkunjung ke Borobudur dan bertemu dengan para biksu untuk melakukan upacara besar meditasi.

Selama upacara berlangsung, para biksu berkumpul di sebuah lingkaran besar dan para biarawan berkumpul dalam lingkaran besar dan melantunkan mantra. Disarankan untuk meninggalkan donasi berupa uang atau makanan untuk para biarawan selama hari Waisak.Borobudur juga terbuka bagi pengunjung lain yang bukan beragama Budha.