Start Planning
Hari Natal

Hari Natal 2018 dan 2019

Hari Natal, merupakan salah satu hari libur yang sangat popular di seluruh Indonesia yang dirayakan oleh sekitar 25 juta umat Kristen di Indonesia. Di Indonesia, “Christmas” juga dikenal dengan istilah Natal. Dirayakan pada tanggal 25 Desember setiap tahun.

TahunTanggalHariHari Libur
201824 DesemberSeninCuti Bersama Hari Natal
25 DesemberSelasaHari Natal
201924 DesemberSelasaCuti Bersama Hari Natal
25 DesemberRabuHari Natal

Hari Natal pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh para pedagang Portugis dan kemudian oleh penjajah Belanda. Setelah Indonesia merdeka di tahun 1945, beberapa tradisi warisan kolonialisme Belanda masih tetap dipertahankan di Indonesia.Ini ditunjukkan dengan perayaan Natal yang dapat dengan jelas merupakan indikasi pengaruh kebudadyaan Belanda terhadap budaya Indonesia.

Pada konser-konser musik selama peringatan Natal di Indonesia seringkali diperdengarkan beberapa lagu-lagu Natal versi Barat yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Salah satu lagu populer di malam Natal adalah “Malam Kudus” yang merupakan lagu yang diterjemahkan dari lagu Barat berjudul “Silen Night”, sebuah musik klasik yang berasal dari Eropa dan Amerika Utara.

Pada tanggal 24 Desember, pemerintah Indonesia menjadi tuan rumah bagi perayaan besar Natal. Perayaan ini meliputi berbagai pertunjukkan-pertunjukkan yang disiarkan secara langsung. Menyanyi, menari dan bermain drama merupakan beberapa pertunjukan yang seringkali dipertunjukkan selama malam perayaan natal berlangsung. Pemerintah Indonesia mengeluarkan banyak biaya untuk memperingati hari Natal secara nasional tiap tahunnya, dan seringkali menyuguhkan beberapa acara pertunjukkan yang bagus. Perayaan ini juga disiarkan oleh sebuah televisi pemerintah dan disaksikan oleh masyarakat.

Di hari raya Natal, beberapa umat Kristen menghadiri upacara kebaktian di gereja. Para umat Katolik Roma, menghadiri upacara kebaktian di malam natal. Selama upacara kebaktian, para umat Kristen seringkali membaca Alkitab dan menyanyikan lagu-lagu rohani. Beberapa ayat Al Kitab yang seringkali dibaca pada acara ini antara lain: ayat Isaiah, Lukas, dan Matthew. Pada acara kebaktian ini, anak-anak juga memperagakan kelahiran Alkitab dalam sebuah pertunjukan.